TALI TEMALI DALAM KEPANDUAN

Foto: DIKLATSAR DEWAN KERABAT HIZBULWATHAN AL_FURQAN 2019

Tali Temali adalah salah satu seni menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga membentuk suatu alat atau benda lain yang bermanfaat, misalnya adalah tandu, tiang bendera, dan masih banyak lagi. Beberapa tali, kemudian diikat dengan mengguakan simpul jangkar dan simpul pangkal.

Simpul merupakan salah satu hasil bentukan dari dua tali atau lebih. Tali sendiri adalah benda yang biasa digunakan dalam membuat simpul maupun jerat. Berbeda dengan simpul, jerat merupakan ikatan antara satu tali dengan satu benda, misalnya ikatan antara tali dengan satu tongkat.

Jenis tali yang biasa digunakan dalam kegiatan kepramukaan adalah tali yang berbahan nylon. Kelebihan dari tali berbahan nylon, yaitu ringan, mudah diatur, tingkat elstisitasnya tinggi, mudah dibuat simpul, dan sedikit menyerap air.

Macam-macam Simpul

Berikut ini macam-macam tali simpul dilengkapi gambar.

  1. Simpul Hidup

Simpul hidup merupakan simpul yang digunakan untuk mengikat tiang atau benda. Simpul ini cukup mudah untuk dilepas kembali. Di dalam kehidupan sehari-hari, simpul hidup dipakai untuk mengikat hewan.

2.        Simpul Mati

Simpul mati digunakan untuk menyambung dua buah tali yang sama besar dan tidak licin (kering). Simpul mati akan sulit untuk dilepaskan kembali karena digunakan untuk mengakhiri simpul tali.

  • Simpul Jangkar

Simpul jangkar biasanya digunakan untuk mengikat jangkar darurat atau untuk mengikat tali ember. Simpul jangkar juga berfungsi untuk menautkan tali pada benda lain dan membuat tandu, tentu dipadukan dengan simpul dan ikatan lain.

4.        Simpul Pangkal

Simpul ini biasanya sering digunakan untuk mengawali atau mengakhiri simpul. Di dalam kehidupan sehari-hari simpul ini dapat digunakan untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat.

5.        Simpul Tarik

Simpul tarik biasanya digunakan untuk mengikat leher binatang, tetapi tidak tercekik, karena simpul ini akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau dikecilkan lagi.

Di dalam kehidupan sehari-hari, biasanya simpul ini digunakan untuk turun ke jurang, atau turun dari atas pohon.

6.        Simpul Ujung Tali

Simpul ujung tali digunakan agar tali pintalan pada ujung tali tidak mudah lepas.

7.     Simpul Anyam

Simpul anyam digunakan untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan kering.

8.     Simpul Rantai

Simpul rantai beguna untuk memendekkan dan memperkuat tali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *